Uthys's Blog

Mengenal kapal induk angkatan laut – AL elit dunia (carrier ship)

Posted on: 21 Februari 2012

Kapal Induk | Jenis -Jenis kapal Induk | gambar-gambar Kapal Induk dunia.

Merupakan sebuah kebanggaan tersendiri bagi angkatan laut sebuah negara bisa mengoperasikan armada Kapal Induk (carrier), karena hal tersebut berarti mensejajarkan diri dengan angkatan laut elit dunia lain nya seperti AL Inggris, AL Prancis, AL Amerika, AL Itali, AL India, AL Russia, AL Thailand, AL Brazil serta AL Spanyol. mengoperasikan Kapal induk membutuhkan biaya (sekitar US $ 4,5 miliar.) yang sangat besar dan mungkin hanya bisa di operasikan oleh negara berekonomi mapan saja.

Dalam tulisan ini akan saya informasikan sedikit tentang kapal induk semoga informasi nya bisa menambah pengetahuan anda semua.
 
 admiral kuznetsov kapal induk milik Russia, terlihat kapal induk ini menggunakan konfigurasi ski Jump (kemiringan 12 derajat) pada bagian depan kapal, dan juga flat deck ( perbesar gambar)
Kapal induk terdiri dari 3 jenis jika dilihat dari jenis penggeraknya, yaitu :
Kapal induk berpenggerak nuklir,
Kapal induk Diesel dan
Kapal induk turbine.

-Kapal induk sedikitnya menampung 6,000 crew dan 70 hingga 80 pesawat.
-Kapal induk dirakit paling tidak terdiri dari 1.milliar component yang terintegerasi menjadi sebuah konstruksi kapal.
-Kapal induk memiliki panjang berkisar 1000 feet (300-an meter)

Kapal induk tidak pernah berlayar dilaut lepas seorang diri, kapal induk memiliki sebuah grup armada yang terdiri dari kapal perusak, kapal penjelajah, kapal korvet, kapal suplai makanan,air dan bahan bakar, serta sebuah submarine ( kapal selam)
Gambar USS Nimitz yang berlayar dalam “convoi” bersama USS Princeton dan USS bridge
-Mendarat dengan pesawat di kapal induk merupakan sebuah tantangan tersendiri bagi para penerbang, karena menggunakan Hook (pengait) dan pada saat turun ke geladak pesawat tidak mengurangi kecepatan, justru mempercepat pesawat untuk menghindari landing failure sehingga pesawat bisa terbang lagi bila hal tersebut terjadi.
Sebuah F-14 Tomcat sedang berusaha landing, terlihat pengait pada pesawat (hook) berusaha mengaitkan pada tali untuk membantu pengereman pesawat, jika hal ini gagal pesawat harus terbang lagi dan bila tidak pasti akan tercebur ke laut.
Pada kapal induk amerika, pekerja di atas kapal menggunakan rompi berwarna warni khusus untuk mengetahui tugas mereka. contohnya petugas berompi merah bertugas memasang bom dan rudal ke tubuh pesawat terbang, rompi kuning sebagai pemandu dan pengarah pesawat, rompi putih sebagai crew pemberi tanda pendaratan, rompi cokelat sebagai air wing plane captain, rompi ungu sebagai petugas pengisi bahan baker, rompi hijau bertanggung jawab pada instalasi katapel untuk pendorong pesawat serta fotografi dan urusan cargo, serta rompi biru yang bertugas mengurus pesawat serta operator elevator pesawat, supir traktor dan juga penghubung.
tampak crew rompi kuning (pemandu pesawat) sedang bertugas mengatur penerbangan pesawat
– Sebuah kapal induk bertenaga nuklir dapat berlayar tanpa pengisian bahan bakar selama 20 tahun.
– “island” adalah sebutan bagi tower komando yang terletak diatas geladak, tinggi nya berkisar 46 meter dan lebar 6 meter.
Pada bagian inilah pusat komando dilaksanakan
– Ada dua jenis konfigurasi geladak pendarat yaitu versi Flat deck dan deck sky Jump ( digunakan untuk pesawat Short take off and landing/ STOL dan Vertical take off landing/ VTOL biasanya dihuni oleh armada pesawat Harrier atau Yakovlev (russia/soviet).
Sebuah Harrier sedang bersiap terbang dengan bantuan ski jump
-Untuk terbang, pesawat di dorong oleh sebuah “catapult” bertekanan tinggi yang akan menyeret dan melempar pesawat terbang untuk memperpendek jarak take off.
Seorang crew tengah memeriksa kesiapan catapult, terlihat crew menggunakan rompi hijau yang bertugas sebagai operator catapult.
Crew sedang mengecek kesiapan catapult
  1. Flight deck
  2. Runway (approx. 100 meters or 300 feet)
  3. Towrope
  4. Bring back mechanism for the catapult sledge
  5. Waterbrake cylinder
  6. Arrangement of pistons
  7. Launch valve
  8. Influx for high pressure steam
  9. Hydraulic cylinder for cable bring back control
diagram bagaimana catapult berkerja dengan sistem tekanan
– Selain menggunakan “hook” untuk mendarat, pilot di pandu oleh sebuah lampu yang berada di deck kapal untuk memposisikan pesawat yang akan mendarat pada sudut dan posisi yang aman. Lampu pemandu tersebut disebut “meatball” (meatball letaknya disebelah kiri runaway deck)
Operator mengoperasikan meatball guna memandu pesawat pesawat yang akan mendarat masuk dalam sudut yang aman
Diagram meatball dalam menentukan aman atau tidaknya sudut pesawat terhadap deck pendarat
Hangar pesawat yang terletak di bawah deck dibuat tahan ledakan dan tahan api dan terdapat lift yang tugasnya mengangkat pesawat ke atas deck peluncur.
Hangar yang sangat luas
Kapal induk dilengkapi dengan berbagai missile untuk pertahanan diri (defence) antara lain seperti Phalanx dan seasparrow (dua missile yang ada di kapal induk amerika)
Seasparrow Launch
– Kapal induk bisa memiliki bobot berkisar 15.000 – 90.000 ton
Diagram Perbandingan berat kapal induk
– Selain bertampang sangar, di dalam kapal induk juga memiliki fasilitas lain seperti bar, bioskop, ruang medis, fasilitas olahraga dll.
– Jet blast deflectors, berfungsi sebagai penahan ledakan agar tidak mengenai pesawat yang ada dibelakangnya, saat persiapan peluncuran pesawat, pesawat dalam keadaan terkait dengan catapult dan jet blast deflector dalam posisi terangkat dan posisinya tepat dibelakang ekor pesawat. biasanya terdapat empat Jet Blast deflector dalam sebuah kapal induk.
Jet blast deflector dalam posisi standby
– Diagram sebuah kapal induk Amerika
 
klik untuk memperbesar gambar 
 1-4    Catapult #1 – #4
5-8    Aircraft Elevator #1 – #4
9    The Barrier. That’s a huge net that is used to land planes if they are not able to accomplish a conventional landing.
10    The “Junkyard”. That’s the area aft of the island where the tractors, fire engines and the crane (the “yellow equipment”) are parked.
11    The “Hummer Hole”. That’s the area next to the island where the E-2C and C-2 planes are parked.
12    The “Street”. That’s the space between Catapult #1 and #2.
13 / 14    The “Rows”. These are the areas right of Catapult#1 and left of Catapult#2 where F/A-18s are parked in rows during landing operations.
15    The “Finger”. That’s the small area aft of Elevator #4 where a single plane can be parked.
16    The “Ramp”. That’s the beginning of the flight deck at the stern of the carrier. If a plane crashes into the carrier’s stern during its approach it’s called a “Ramp Strike”.
17    The “Bomb Farm”. That’s the area between the island an the rail where bombs and missiles are stored during flight operations. From there they are brought to the aircraft.
18    The “Crotch”. This is the place where the angled deck ends and the port bow begins.
19    The “Meatball”. See down below to read more about it.
20-23    Jet Blast Deflector#1 – #4. See down below to read more about it.
24    The “Six Pack”. That’s the area where the row of planes is parked along the ‘foul line’.
25    The “Corral”. That’s the area in front of the island: from the ‘foul line’ on the left, all the way up to elevator#1.
26    The LSO platform. From this platform the Landing Signal Officers control the approaches of the incoming planes.

Dengan sedikit data data diatas jelaslah terbukti bagaimana sebuah kapal induk merupakan moving defence atau mungkin bisa di sebut benteng bergerak, dengan kekuatan yang masif dan juga grup yang terdiri dari kapal pendukung yang selalu siap mengamankan kapal induk kemana saja dari ancaman rudal musuh. memang sudah tentu budjet yang dikeluarkan sangatlah besar untuk mengoperasikan grup tempur ini, perlu kemapanan ekonomi sebuah negara. Selain sebagai elemen tempur, kapal induk seringkali digunakan untuk misi kemanusiaan seperti yang terjadi saat Tsunami Aceh beberapa waktu silam ( USS Abraham Lincoln ) dan HMAS Kanimbla( Australia), selain itu terkadang kapal induk digunakan sebagai elemen penggertak untuk memaksa sebuah negara untuk tunduk terhadap keinginan AS ( mungkin hal itu yang terjadi saat USS Carl Vinson memasuki wilayah Indonesia saat presiden Megawati berkuasa). terlepas dari apa fungsi nya, kapal induk merupakan sebuah mahakarya besar abad ini. semoga informasi ini menambah pengetahuan kita bersama, Salam.

Foto Foto kapal induk lain:
kapal Induk India INS.Virat 
 
Kapal induk Italian cavour
HTMS Chakri Naruebet Thailand
 


kapal Induk Sao Paulo Brazil

Kapal Induk HMS invincible milik Navy kerajaan Inggris

 
French aircraft carrier Clemenceau

Kapal induk Spanyol Principe de Asturias
Semoga Menghibur dan Bermanfaat,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kalender

Februari 2012
S S R K J S M
« Jun   Jul »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
272829  

Arsip

Kategori

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Bergabunglah dengan 4 pengikut lainnya

Blog Stats

  • 146,342 hits
free counters

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Bergabunglah dengan 4 pengikut lainnya

%d blogger menyukai ini: